You Are Here: Home» Pendidikan , Teknologi » Alternatif Perayaan 17 Agustus pada Saat Ramadan

SEBENTAR lagi bangsa ini akan merayakan kemerdekaan RI ke 67 bertepatan dalam masa bulan puasa Ramadan, sehingga berbagai acara lomba yang dapat mengganggu kenyamanan orang berpuasa menjadi tidak diadakan seperti lomba makan kerupuk, panjat pinang, dan lomba-lomba lainnya.

Namun, sebenarnya kegiatan lomba acara 17 Agustusan masih dapat diadakan yang justru makin menarik, karena terkait suasana spiritual Ramadan misalnya dengan mengadakan lomba azan, baca Quran dan terjemah (bagi muslim) dan lomba baca puisi, menyanyi, vokal grup dan lain-lain.

Jadi dalam bulan puasa ini kita masih dapat menyelenggarakan lomba-lomba yang cukup meriah, bahkan dapat diadakan tidak hanya di waktu pagi, siang, sore, tapi juga malam hari.

Sementara itu acara penyerahan hadiah dapat dilakukan menjelang buka puasa, sehingga acara 17 Agustusan itu dapat ditutup dengan acara buka bersama dan bagi Muslim dapat meneruskannya dengan salat taraweh berjamaah.

Seperti kita ketahui bahwa 67 tahun lalu kemerdekaan RI diproklamasikan juga bertepatan pada masa bulan puasa, sehingga secara emosional sebenarnya peringatan 17 Agustus akan tambah hikmat dan terasa menyentuh hati. Apalagi jikalau panitia 17 Agustus dapat menghadirkan pelaku sejarah kemerdekaan (yang tentunya sudah semakin langka) untuk menceritakan perjuangan pahlawan bangsa dan suasana batin di bulan puasa saat proklmasi kemerdekaan RI.

Dengan demikian tidak ada alasan untuk tidak menyelenggarakan perayaan sekaligus peringatan 17 Agustus sebagaimana biasanya bahkan akan terasa lebih khusyuk dan mengandung hikmah dalam suasana religiusitas yang dapat mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Penyayang, sehingga diberikan kepada kita kemerdekaan yang kita dapat nikmati hingga kini.
ditulis oleh: Aries Musnandar - pada tanggal Senin, 06 Agustus 2012 08:19 WIB

0 komentar

Leave a Reply